Halaman

Sabtu, 02 Oktober 2010

Jenis Manga

Banyak berbagai jenis manga yang tersebar di seluruh dunia. Walaupun begitu, tidak semua manga dapat dinikmati dengan bebas dan semau kita^^. Setiap manga mempunyai level atau rating bagi pembacanya. Dengan begitu kita dapat menyeleksi manga yang seperti apa yang sesuai dengan kita.

Jenis-jenis manga berdasar umur, diantaranya: 
  1. Shonen, manga ini diperuntukan buat anak laki-laki usia remaja. Pada umumnya bergenre action, adventure, fantasy. Jenis ini memang yang paling digemari di kalangan para manga lovers, karena menampilkan adegan pertarungan/action yang memacu adrenalin pembacanya.(ex: Naruto, One piece)
  2. Shoujo, manga untuk anak perempuan usia remaja ini biasanya berrisi hal-hal romantis, hubungan antar tokoh dan minim pertempuran. (ex: Plastic Girl)
  3. Sheinen, manga ini untuk laki-laki dewasa. Plot atau jalan ceritanya lebih kompleks dari manga shonen. (ex: Akira)
  4. Josei, manga ini untuk perempuan dewasa dengan usia kisaran 20-30 tahun.
  5. Kodomo, manga ini untuk anak kecil. (ex: Pokemon)
Selain jenis-jenis di atas, ada jenis lain seperti Jidaigeki, manga yang mengandung unsur sejarah. Mecha, manga tentang robot-robot. Hentai, manga yang berisi adegan seksual atau pornografi. Doujinshi, manga yang dibuat fans yang meniru manga-manga yang sudah terbit tetapi dengan alur/jalan cerita yang berbeda.

Nah..tu dia jenis-jenisnya. Dengan begitu, kita dapat memilih manga mana yang cocok dan baik untuk kita^^.
Semoga bermanfaat.

2 komentar: